Kamis, 13 Mei 2010

Sondokoro (part1)

Tadi Kepompong ikut bapak ibunya tennis lagi.
Kali ini di Sondokoro. Jarak dari rumah saya ke Sondokoro nggak seberapa jauh. Cuma 15 menitan. Tapi biarpun jaraknya nggak seberapa jauh, saya belum pernah ke sana. Hehehe. Ini tadi pertama kalinya saya ke sana. Padahal nih agrowisata udah terkenal gitu. Yang dateng aja dari jauh jauh. Ada yang dari Madiun, Pacitan, dsb. Sampe ada yang bela belain datang bareng bareng, rombongan, pake bus pariwisata. Kampungan banget ya saya ini?

PG. Tasikamdu

pintu masuk agrowisata

Agrowisata Sondokoro lokasinya di Pabrik Gula Tasikmadu. Satu-satunya pabrik gula milik kaum pribumi, yaitu milik Mangkunegoro IV. Menurut sumber, tujuan didirikannya agrowisata ini adalah untuk mencegah Pabrik Gula Tasikmadu mengalami defisit. Sekarang kan udah jarang noh perkebunan tebu, jadi tebu bahan baku buat produksi gula mesti didatangkan dari daerah lain yang terkadang naujubile jauhnya. Hal itu kemudian menyebabkan berkurangnya produksi gula di PG Tasikmadu yang kemudian menyebabkan berkurangnya pemasukan. Untuk menutupi kekurangan pemasukan itulah maka didirikan Agrowisata Sondokoro. Jadi selama tidak musim giling, para pegawai ditugaskan membantu mengurusi agrowisata. Lah kalo gitu pas musim giling Arowisata Sondokoro tutup dong, Pong? Oh, tentu tidak. Meskipun demikian, sebenarnya, Agrowisata Sondokoro dan Pabrik Gula Tasikmadu memiliki manajemen kepengurusan yang berbeda namun tetap bernaung di satu atap, di bawah atap PT. Perkebunan Nusantara IX. Cuma kalo pas musim giling libur, biar para pegawainya nggak nganggur, maka mereka dibantukan untuk mengurus agrowisata.

Tempatnya tepat di komplek Pabrik Gula Tasikmadu, Karanganyar. Fasilitasnya komplit. Nyari toilet gampang ( ini yang paling penting ). Laper, haus, gampang. Ada banyak penjual makanan dan minuman. Capek, pengen istirahat, gampang. Ada jalan refleksi ( tapi harus bayar lagi buat masuk areanya ). Pengen berenang, gampang juga. Ada kolam renang. Kok gampang gampang mulu, Pong? Iya, emang gampang. Di sono apa apa ada. Ada :
1. Sri Widowati Area ( kolam renang ).
2. motor listrik macam ATV gitu
3. 3 Spoor Wisata
4. paket outbond. flying fox ( bener kagak tulisannya gini? ), jembatan gantung, panjat dinding ( favoritnya Aizs nih )
5. Agro Sehat ( tempat jalan refleksi macam di rumah Bulik Ayik
6. Graha Sondokoro
7. Graha Pindusita ( bisa disewa buat yang pengen nginep ).
8. live music ( yang pengen eksis bisa manggung di sini. Ntar dapet free pas+uang makan siang. Caranya ngajuin ptoposal dulu ke pengurus agrowisata. )
9. Griyo Resto Sondokoro
10. Lokomotif lokomotif dan gerbong gerbong kuno
11. Monumen giling. Nih temapat bikin bengong pas pertama kali liat. Gile aja jaman dulu orang udah bisa bikin gir penggerak mesin giling dengan diameter 3 meter-an.
12. Hot spot area
13. dsb, dsb, dsb. ( pokoknya banyak lah )

peninggalan Mangkunegoro IV

lokomotif lokomotif jaman doeloe

monumen giling

jalan refleksi

Spoor wisata yang disediakan ada 3 unit. Spoor Gula, Spoor Teboe, Spoor Sacharosa. Spoor Gula ditarik lokomotif dengan mesin diesel. Spoor Teboe dan Spoor Sacharosa ditarik pake lokomotif dengan mesin uap. Khusus Spoor Teboe dan Spoor Sacharosa Cuma beroperasi pas hari libur aja, sementera Spoor Gula tiap hari beroperasi. Katanya si bapak yang ngurus, Spoor Teboe dan Spoor Sacharosa nggak bisa beroperasi tipa hari karena buat persiapannya aja butuh 2 s/d 3 jam, trus bahan bakarnya kan kayu tuh jadi ya udah susah dapetnya. Saya rekomendasikan buat naik Spoor Sacharosa aja. Emang kenapa, Pong? Soalnya jalurnya paling panjang+komplit. Karcisnya Rp 7000 saja tapi kita udah diajak muter muter luar dalem pabrik. Nggak Cuma di wilayah agrowisata aja tapi juga masuk lingkungan pabrik gula, lewat gudang gudang, lewat kolam kolam pengolahan limbah+penampungan air, dsb, dsb, dsb. trus pilih tempat duduk di paling belakang, gerbong paling belakang. Kenape lagi tuh, Pong? Kalo duduk di paling belakang, ntar kita deket sama si bapak keneknya. Ntar jadi brasa dapet guide gratis. Soalnya si bapak ntar tanpa diminta pasti udah crita macem macem tentang PG. Tasikmadu. Dijelasinlah tentang bangunan bangunan yang dilewatin, cara kerja mesin giling, situasi kalo pas lagi musim giling, dsb, dsb, dsb.

Spoor Gula

Spoor Teboe

Spoor Sacharosa

Harga tiket masuk Rp 3000/ orang. Tapi ada tips nih. Datanglah pas pagi pagi sebelum jam operasional agrowisata ( 08.00 – 17.00 ). Kalo pagi nggak perlu bayar tiket masuk. Tempatnya masih sepi. Masih bersih, belum ada sampah samaph berserakan. Bebas mau lihat lihat ( ingat, Cuma lihat. Nggak nyoba nyoba ). Jadi bisa keliling keliling dulu ( itung itung jogging ) trus kalo udah jam 8.00, loket loket udah pada buka, tinggal nyoba naik spoor, main air di taman air, flying fox, dsb.

P.S : over all tempatnya cukup oke tapi tetep need improvement di sana sini

Masih ada beberapa foto lagi, tapi di posting berikutnya aja ya. . .
Sekarang Kepompong ngatuk, mau tidur dulu. . .

6 komentar:

Sekar Lawu mengatakan...

walaah...mening kumplit postingan ini.....padahal kalau tadi bilang, aku kan bisa nyusul karena seharian aku di nglano (kampung belakang pabrik gula...dirumah mertuwirrr...)

bagus deh Winda...aku syukaaa...

WindaPresti mengatakan...

@sekar lawu. .
iya dong, bulik. kampanye "visit Karanganyar" mode : on. hehehe
waduh, maaf deh, bulik. nggak tau soalnya. kapan kapan deh kalo ke sana/ sekitar dalemBadran kitorang semeses. .

gusmel riyadh mengatakan...

Saya dari karanganyar, Anda?

WindaPresti mengatakan...

@gusmel riyadh. .
saya dari karangnyar bagian tegalasri tenteram, bang

Didik Durianto mengatakan...

kampungku di barat sondokoro lho :) makasi ya ikut promo hehe

WindaPresti mengatakan...

@Bang Didik : hohoho. sama sama ya, bang..