Selasa, 29 Juni 2010

Kalau Bule lagi Belanja di Beteng

Kemarin saya nganter ibu saya beli kain di Beteng. Pas di toko kain ada bule yang lagi belanja kain juga. Si mbak yang jualan nggak bisa Bahasa Inggris, si bule nggak bisa Bahasa Indonesia juga. Duarrrr ! mentok deh.

Awalnya saya cuma ngliatin aja mereka ngomong pake bahasa Tarzan. Lucu deh. Saya ngerti, bisa nangkep apa yang si bule bilang, dalam hati saya juga jawab, tapi saya tahan tahan buat nggak ngomong apa pun. Cuma ngliatin aja, ketawa ketawa sendiri jadinya.

Si bule ngomongnya pelan pelan, kata perkata pake jeda, macam siput lomba lari. Lama lama si mbaknya keliatan kaya frustasi gitu nggak ngerti maksud si bule, si bule juga keliatan udah hampir nyerah , putus asa buat nyampein maksudnya. Geli juga saya ngliatnya. Tapi lama lama saya gatel juga pengen ngomong, biar jelas gitu. Abis tuh 3 orang nggak nyambung nyambung, padahal intinya si bule cuma mau beli kain putih 12 meter.

Nggak tahan sekaligus rada kasian sama muka muka frustasi mereka, saya nyoba bantu, itung itung ngetes Bahasa Inggris saya juga.

Kepompong : mmm, hai. Can I help you? It seems you have a trouble to make the seller understand what you mean.
Bule : Oh, thank God. Yeah. I wanna buy the white one, 12 meters.
Mbakyangjualan : Alhamdulillah. Mbak e niku kit wau kok nggih Mendel mawon lho.
Kepompong :

Trus saya bilang ke mbaknya kalo si bule mau beli kain putih 12 meter. Keliatan lega bener deh muka si mbak sama si bule.

Pas bikin nota, si mbaknya nanya panggilnya miss/ madam. Maksud si mbaknya kalo di Indonesia kan pake Bu Blablabla atau Mbak Blablabla.

Kepompong : How should they call you ? Miss Ka*** or Madam Ka***?
Bule : Ka*** is enough. Why do they need to call me with miss/ madam? My name is enough.

Trus si bule jelasin cara orang orang di negaranya manggil satu sama lain. Cukup panggil nama aja. Nggak kaya di Indonesia yang pake embel embel Pak, Bu, Mbak, Mas, Bang, Kang, dsb. Oooh, saya jadi tau, jadi ngeh.

Oya, si bule itu kemana mana bawa kalkulator buat tawar menawar harga sama yang jualan. Jadi buat tau harganya, si bule minta si pedagang pencet di kalkulator, trus si bule juga pencet kalkulator buat nawar. Jadi nggak perlu ngomong hundred, thousand, million, billion, ribu, ratus, juta, dsb. Katanya sering miisunderstanding kalo ngomongin harga pake mulut gitu. Selain itu kalkulator juga dia pake buat ngitung kurs. Katanya di Indonesia semua murah murah. Berasa jadi orang kaya dia kalo belanja di Indonesia. Tapi si bule rada norak deh. Masa dia bawa bawa kalkulatornya segede ini. Bawa yang kecilan dikit napa. Ini tahun 2010 gitu, udah banyak penemuan, termasuk dibidang kalkulator. Pake kalkulator yang rada manis ditenteng gitu kek. Tapi kenapa si bule nggak pake Hp aja ya? Kan di Hp ada kalkulator juga tuh. Ah, tau ah. Gelap.

Trus si bule jadi cerita macam macam. Jadi curhat aja dia. Dia sering frustasi karena jarang nemu orang yang bisa Bahasa Inggris. Tapi, ampun dah ! Lama lama si bule ngomongnya cepet. Dia kira Bahasa Inggris ane canggih macam Google translator udah built in di otak ane kali. Dan ini nih parahnya orang Indonesia kebanyakan ( masa sih ? Lo aja kali, Pong. ), bisa Bahasa Inggris tapi pasif. Bisa ngerti, nangkep apa yang diomongin tapi nggak bisa kasih feedback. Saya jadi bingung jawabnya, jadi cuma :
Oh
Yeah
Hmm
Oke oke
I see
Lsp.
. Dodol banget deh. .

Si bule juga bilang kalo sebenernya dia seneng belanja belanja batik di tempat macam Beteng gitu, tapi susah buat dia karena kendala bahasa. Sayang banget kan ya jadi kehilangan pembeli, dari luar negeri pula, cuma gara gara masalah komunikasi. Dari situ saya jadi bisa menyimpulkan kalo penguasaan bahasa asing itu penting banget, terutama di dunia bisnis.

Saran buat pengelola BTC, PGS, dan tempat tempat belanja lain ( Pasar Gede, Pasar Legi, Pasar Klithikan, Pasar Kembang, dsb juga termasuk) : sediain deh staf yang Bahasa Inggrisnya canggih biar bisa bantuin bule bule yang belum nelen kamus Inggris-Indonesia pas lagi belanja.
Kan kalo ada yang jadi jembatan ( baca: translator ) gitu jadi gampang transakrinya. Jadi omset pedagang pedagangnya pada naik, jadi lancer bayar uang sewa kiosnya. Kalo kaya gitu yang untung pengelola juga kan? Kan? Kan?



Tidak ada komentar: