Kamis, 02 Juni 2011

Pengalaman Pertama Bolos Kuliah

Saya bolos kuliah selama 4 hari berturut-turut. Apa pasal? Saya sakit.

Sakit apa? Ah, tidak perlu dibicarakan. Saya takut kalo saya sebutkan sakit apa saya gerangan, saya ketahuan jadi orang penyakitan. Kalo ketauan saya penyakitan, saya khawatir fakultas kedokteran jadi kebanjiran mahasiswa karena pada pengen jadi dokter biar bisa ngobatin saya. mau muntah? Silakan.

Bolos selama ini adalah hal yang tabu buat saya. Tiba-tiba saya pasti jadi panas-dingin des-degan, lemes breasa kaya ayam tulang lunak tiap diajakin bolos kuliah. Tapi karena berberapa virus hina yang berkonspirasi menginvasi tubuh saya, akhirnya saya HARUS BOLOS kuliah.

Well, ternyata bolos itu TIDAK selamanaya MENYENANGKAN. Saya emang bukan mahasiswa teladan, tapi telatan, tapi saya tidak mengerti apa pentingnya bolos. Demi apa merelakan diri melewatkan kesempatan main di kampus, jajan donat sama yoghurt di kantin. Demi menuruti rasa malas? Temen-temen saya bilang mereka bolos karena 1. Belum ngerjain tugas, 2. Males. Untuk alasan pertama bisa diterima. Tapi yang kedua???? Oh, Doraemon sohibnya Nobita, bisakah kamu keluarin baling-baling bambu anti males???

Semales-malesnya saya kuliah, saya nggak pernah kepikiran untuk bolos. Bukan karena saya semangat 45 buat cari ilmu, niat jadi mahasiswa teladan, atau apa, tapi karena saya merasa ada lebih banyak hal yang bisa saya lakukan di ruang kuliah daripada di kost. Kalopun males kuliah, ya tetep aja berangkat, seenggaknya bisa berasa jadi artis *gagal* dengan bagi-bagi tanda tangan di daftar presensi, trus abis itu tidur kek, ngisi TTS, buka laptop manfaatin WiFi dari kampus, atau apalah.yang jalas I STRONGLY SUGGEST JANGAN PERNAH BOLOS DENGAN SENGAJA. Jangan menyakiti hati bapak-ibu nun jauh di kampung halaman sana. Meskipun kuliah males-malesan, tapi kalo tetep berangkat, pas bapak/ibu telepon kan bisa kasih jawaban faktual yang setidaknya memberikan secercah kehangatan di hati mereka.

Bapak : lagi ngapain, nak?

Anak : baru selesai kuliah, bapak. ini baru keluar kelas, mau ke kantin jajan donat, lapar.

Bayangkan, betapa cerahnya senyuman bapak ketika mendengar jawaban demikian dari anaknya! Si bapak senang, si anak pun nggak bohong. Yah, meskipun kulianya males-malesan, setidaknya si anak benar-benar MENGHADIRI KULIAH, bukannya main game di kost.

Tidak ada komentar: