Selasa, 13 Juli 2010

The Football Things

The time for FIFA Worldcup 2010 is over and the time for FIFA Worldcup 2014 has begun.

Dari sekian banyak negara di dunia ini, negara yang saya suka ( selain tanah air saya, Indonesia ) adalah Belanda. Dulu saya nggak tau kenapa saya suka, saya suka ya suka aja. Tapi sekarang kalo ditanya kenapa saya suka sama negaranya kompeni itu saya tau alasannya, Leiden. Sebuah kota yang saya tau punya universitas tertua di Negeri Oranye itu yang cerita dibalik berdirinya ngasih pelajaran bahwa kebutuhan akan ilmu mengalahkan egoisme orang sekota. Leiden juga salah satu kota di Belanda yang punya hubungan paling baik dengan indonesia. Di Belanda juga banyak ahli tata kota, saya suka. Belanda ada di nomor satu daftar negara yang bakal saya kunjungi kalo suatu saat nanti saya dapat kesempatan jalan jalan ke luar negeri. Ya, suatu saat nanti. .

Tapi kalo urusannya tentang FIFA Worldcup, saya dukung Jerman. Saya nggak ngerti tentang sepak bola. Nggak ngerti tim negara mana yang oke, nggak ngerti siapa pemain yang jago, nggak ngerti yang mana pelatih yang canggih, bahkan siapa pemain yang ganteng aja saya nggak ngerti.

Kata orang Cristiano Ronaldo itu cakep, tapi cakep dari mana?? Biasa aja deh menurut saya. Menurut saya semua kaum adam itu cakep, cakep dengan kadar masing masing. Yang bisa dikaterogikan cakep yang bener bener cakep secra fisik itu menurut saya yang enak dilihat. Enak/ tidaknya seseorang untuk dilihat itu relatif, tergantung pendapat masing masing. Urusan selera itu lokal banget. Jadi ya itu semua kembali ke masing masing. Oke Cristiano Ronaldo, Klose, Iker Cassilas, Lionel Messi, dsb emang cakep dengan cara mereka sendiri dan menurut banyak kaum hawa mereka itu cakep yang bisa menghilangkan dahaga mereka, tapi menurut saya mereka itu ya biasa aja, bukan cakep yang kategori saya. Kok malah ngomongin cakep ya? Oke, skip this.

Yang saya tau tentang sepak bola itu cuma jumlah pemain tiap tim 11 orang, ada keeper, pemain belakang, gelandang, striker. Saya nggak tau aturan mainnya selain kartu kuning dan merah. Tapi saya sepenuh hati dukung Jerman. Menurut saya tim Jerman mainnya oke, nggak tau deh alasannya apaan. Pokoknya saya dukung mereka aja. Tapi ternyata Jerman nggak masuk final, ya wislah makin buta aja saya tentang Piala Dunia kali ini. Yang ketemu di final adalah Belanda dan Spanyol dan juaranya adalah Spanyol. Agak kaget juga sih saya. Menurut saya ( lagi lagi ) Jerman sama Argentina ( yang seragamnya biru muda, bener kagak? ) mainnya lebih bagus deh. Tapi nyatanya mereka bukan juaranya dan musti puas dengan tidak masuk jadi finalis dan pulang duluan ya terima ajalah. No more “menurut saya tim blablabla”, no more sok tau tentang sepak bola.

Tapi saya rada jijay tralala deh kalo nonton sepak bola. Mereka tuh ya, para pemain tuh pada suka ngludah. Sering malah. Bentar bentar cuih. Tuh lapangan macam tempat ngumpulnya sample saliva macam macam orang dari macam macam negara. Apa sih maksudnya mereka ngludah gitu?

Ada satu hal pengiring Piala Dunia yang menurut saya ngeganggu. Ramalan ramalan, prediksi prediksi pemenang. Bikin hawa penasaran, excited tapi takut yang gimana gitu jadi berkurang. Nggak peduli deh ya yang ngeramal itu mau gurita, paus, lumba lumba, ato cebong sekalipun, menurut saya itu ngeganggu ( ato malah ngebantu buat yang pada taruhan?? ). Macam ada yang ngeduluin gitu. Apa ya bahasanya? Spoiler? Hmm…. Ya, spoiler. Kesel kesel tuh gurita gw bikin takoyaki deh.

Tapi apa pun itu ke-sok-tahuan-saya, itu cuma pendapat pribadi yang nggak ngaruh sama sekali buat jalannya musim penggila bola kali ini. Bahkan didengar orang pun tidak. Mungkin kalo ada penggila bola yang denger, mereka bakal komentar “nih orang ngapain sih? Nggak banget deh. Ngerti juga kagak, ngapain belagak komentar komentar gitu. Apa pula gunanya ?”.

Tidak ada komentar: