Sabtu, 31 Juli 2010

Jadi, ini hanya masalah jarak, bukan?

Beberapa waktu yang lalu, saya main ke Jawa bagian timur. Pas di Taman Safari, abis sholat, ketemu orang dari Bandung.

Simasmasdaribandung : mbak dari mana?
Kepompong : dari sholat di situ tuh.
Kepompong : dari Karanganyar (kabupatenisme saya keluar). Tau?
Simasmasdaribandung : hmmm… nggak tau, mbak. Itu di mana ya?
Kepompong : Kalo air terjun Grojogan Sewu tau nggak?
Simasmasdaribandung : kalo itu tau. Di Gunung Lawu kan?
Kepompong : nah, itu di Karanganyar.
Simasmasdaribandung : oh, jadi deket Solo ya? Berapa kilo dari Solo?
Kepompong : maksudnya kilogram atau kilometer nih? Kalo kilogram saya nggak tau, mas. Belum ada yang pernah nimbang.
Kepompong : kira kira 17 km ke arah timur. ( ngasal, saya nggak tau pasti )
Simasmasdaribandung : wah. Kalo. Saya dari Bandung, mbak. Rumah saya nggak jauh dari ITB, tapi saya kuliahnya di IT*. Itu adek saya, blablabla….

Heran deh, orang Bandung-Jawa Barat jauh jauh ke Jatim mainnya ke Taman Safari. Bukannya di Jabar udah ada Taman Safari juga? Dan menurut saya lebih bagus dari yang di Prigen malah. Kenapa jauh jauh cross island dari ujung barat Pulau Jawa ke ujung timur, mainnya ke Taman Safari juga?

Buat apa coba?

Bukannya di mana mana yang namanya taman safari, kebun binatang, taman satwa itu intinya sama aja ya? Isinya kewan kewan, hewan hewan, animals,
Di mana mana gajah tuh gede, punya belalai, kupingnya lebar macam wajan maratabak telor. Harimau tuh belang belang, punya taring, makannya daging mentah, nggak dipanggang, digoreng, atau direndang dulu. Kambing makannya rumput. Kuda nil demen berendem. Monyet suka gelantungan.

Kenapa cuma buat liat tuh hewan hewan pake jauh jauh cross island dulu?

Apa kalo udah menempuh jarak ratusan kilometer gitu mereka berharap bisa lihat gajah yang langsing bohay tralala, kuda nil yang hobi berjemur, harimau vegetarian yang hobi makan daun singkong, kambing yang suka makan rendang pakai sambel ijo, ataukah monyet yang demen ngesot??

Jadi, menurut saya, tempat tempat yang sebenernya menyajikan hal yang sama itu karena jaraknya yang jauh.

Buat orang Jabar, *mungkin Taman Safari Prigen lebuh menarik dari pada Taman Safari Cisarua karena jaraknya yang lebih jauh dari rumah mereka. Begitu pun buat orang Jatim, *mungkin Taman safari Cisarua lebih menarik dari Taman Safari Prigen karena jaraknya lebih jauh dari rumah mereka. Jadi yang menarik itu bukan tempatnya, tapi perjalanannya, capek di kendaraan, apa aja yang bisa dilihat dari kendaraan (darat, laut, udara).

Udah ah. Saya lagi pusing. Bingung tiket kreta di tangan saya ini mau saya lelang ke mana...

2 komentar:

Sekar Lawu mengatakan...

lha kamu juga aneh...ngapain jauh2 ke jatim, wong di jurug juga ada monyet, ada gajah, ada kuda nil, ada orang pacaran....ggggrrrrrrr

WindaPresti mengatakan...

@sekar lawu. .
Fos sake of solidarity (and taking photographs), bulik. .
Yg udah gede ngalah sama yg msh TK dan kacaunya yg TK it pd milih k ZOO. . Hiks