Selasa, 17 Agustus 2010

Jalan Ta'jil

Ini Ramadhan pertama saya dengan status mahasiswa.
Kali ini saya menjalankan puasa secara nomaden. Beberapa hari di kampung halaman, Karanganyar, beberapa hari di ladang ilmu, Yogyakarta. Pengalaman baru buat saya. Kalo biasanya saya sahur sampai buka cuma di satu kota, kali ini bisa di beda kota. Sahur di Jogja, buka di Karanganyar, atau sebaliknya.

Sebenarnya sama aja, tapi mungkin karena pengaruh suasana rasanya jadi gimana gitu. Excited tapi ada rasa kehilangan juga. Senang tapi sedih juga. Entah apa namanya tapi saya tetap bisa menikmati. Insyaallah.

Kesimpulan saya dari Ramadhan adalah di mana pun itu pasti ada yang namanya Jalan Ta’jil. Jalan Ta’jil adalah sebutan saya buat suatu ruas jalan yang jadi pasar dadakan menjelang buka puasa. Macam macam ta’jil buat buka puasa dijual di sana. Kalo di Karanganyar Jalan Ta’jil ada di jalan selatan Taman Pancasila ke barat arah Gedung Wanita sama di sekitar alun alun, mungkin ada di tempat lain juga, tapi yang saya tahu sementara baru itu. Kalo di Solo jalan Ta’jil ada di Manahan, di Jalan Selamet Riyadi, dan banyak yang lain. Kalo di Jogja Jalan Ta’jil ada di daerah Lembah UGM, mulai dari Jalan Olahraga sampai perempatan dekat wisma MM UGM. Sementara baru Jalan Ta'jil di tiga kota ini yang pernah saya datangi.

Yang dijual di Jalan Ta’jil itu macam macam. Ambil contoh kolak. Kolak aja bisa ada 5 macam, ada kolak pisang, ada kolak biji salak, ada kolak tape, ada kolak ubi, ada kolak singkong. Contoh lain es dawet. Es yang sebenarnya isinya sama itu bisa ada beermacam macam juga, ada es dawet Bandung, es dawet Kalasan, es dawet Solo, es dawet Banjarnegara , dan masih banyak lagi. Selain es es situ ada juga sate. Sate itu pun bermacam macam, ada sate ayam Madura, sate ayam Ponorogo, sate kambing, sate kelinci, sate sapi, sate Padang, sate Kere, dan sate sate yang lain. Khusus di Jalan Ta’jil 2010 Lembah UGM yang mendominasi adalah es pisang ijo dan yang nggak pernah absen di Jalan Ta'jil mana pun adalah kolak, es buah, dan klamud.

Bisa dibilang Jalan Ta’jil itu miniatur kuliner Indonesia. Berbagai macam kuliner dari berbagai sudut daerah di Indonesia ada di sana. Dari Pulau Sumatra biasanya diwakili sate Padang, pempek Palembang. Dari Pulau Jawa jangan ditanya, bejibun banyaknya. Ada somay dan batagor dari Bandung, rujak cingur dari Jawa Timur, manisan carica Wonosobo, dan lain sebagainya. Dari Bali biasanya diwakili sate lilit. Dari Sulawesi ada es pisang ijo. Dan dari daerah daerah lain.

Saking komplitnya jajanan di Jalan Ta’jil, misalnya ada orang yang pengen menu makanannya dalam sebulan Ramadhan itu nggak ada yang sama alias beda beda tiap hari, cukup tiap mau buka puasa ke Jalan Ta’jil, tiap sore beli di pedagang yang beda beda dengan jenis makanan yang bejibun itu.

Tapi meski pun ini bulan Ramadhan, bulan di mana tiba tiba banyak orang jadi Islam dan syetan syetan katanya dibelenggu, kita tetap mesti waspada tiap waktu, tak terkecuali pas ngabuburit di Jalan Ta’jil. Tiap mendekati waktu buka puasa, Jalan Ta’jil pasti rame, banyak orang, sampe macet gara gara si Komo lewat mau beli es pisang ijo. Nggak ada yang bisa jamin si pemilik tangan tangan jahil absen dari crowdednya Jalan Ta’jil. Jadi jangan karena keasyikan pilih pilih jajanan sampai lalai sama dompet. Kalo kata Bang Napi "Kejahatan tidak selalu terjadi hanya karena niat pelakunya, tapi juga kesempatan. Waspadalah, waspadalah!"

2 komentar:

Dr. Andika Sanjaya, S.IKom, M.Si. | Konsultan Teknopolitik dan Medsos Pemerintah mengatakan...

Kalau di Solo kaya Galabo ya? cuman bedanya dompet mahasiswa masih bisa muat.
Oh iya, yang punya blog ini sekarang sudah jadi mahasiswa ya.hehe

WindaPresti mengatakan...

@mz dika. . .
ya mirip mirip itu, mz.
hehe. iya, mz. doanya ya, doanya. .