Kamis, 12 Agustus 2010

The Last Solo Trip

Perjalanan dimulai dari kampus ijo saya.

Dari kampus ijo ke stasiun Lempuyangan naik TransJogja. Ini pertama kalinya saya naik TransJogja, sendiri pula. Jadi saya masih buta. Ijo kaya kampus saya. Begitu masuk halte, petugas langsung menyapa dengan ramahnya plus senyum sumringah karena abis makan rujak, ”Selamat siang, mbak. Mau ke mana ? ”. Saya jawab mau ke stasiun Lempuyangan trus saya bayar 3000 lalu saya daptkan itu TransJogja card yang warnanya ijo kaya kampus saya. *Kok ijo semua ya ?

Saya masukkan itu kartu ijo ke mesin, saya jalan maju ke palang.

Lho kok nggak bisa lewat?

Saya dorong palangnya.

Kok masih nggak bisa lewat?

Saya liat mesinnya lagi.

Ternyata si kartu ijo saya belum masuk.

Dodol Karanganyar eksis di Jogja juga ternyata.

Dari halte kampus ijo ke stasiun Lempuyangan naik bus 2B tanpa transit. Seharusnya 10 menit aja cukup. Tapi apa yang terjadi pada saya? Saya butuh 1 jam!

Jadi ternyata saya salah naik bus. . Akhirnya saya malah keliling Jogja dulu. Transit di kira kira 4 halte sebelum akhirnya turun di halte SMP 5 Kridosono. Emang ya, dodol Karanganyar nggak ada matinya, tetep aja eksis di Jogja.

Dari halte SMP 5 Kridosono saya masih harus naik kaki kira kira 1 km ke stasiun Lempuyangan. Biarpun matahari bersahabat lagi banyak diskon, plus ada tambahan diskon buat pemilik MCC dan banyak pohon yang dengan baiknya membagi suplai oksigen gratis, jalan kaki 1 km di siang bolong tetep bikin kemeja basah dan kerongkongan kelontangan. Tapi tetep asik kok. *menghibur diri.

Ada kejadian yang menegangkan pas saya jalan kaki dari halte. Saya diikuti seseorang. Seorang nenek nenek tepatnya. Nenek itu diem aja, tapi ngikuti saya. Tiap saya nengok si nenek ngliatin saya. Pikiran saya udah ke mana mana.

Nih nenek mau apa ya? Waduh, gimana kalo ternyata nenek itu orang sakti trus saya diculik? Mending kalo punya cucu cakep, saya mau. Lha kalo punyanya kambing cakep? Masa iya saya harus pindah jurusan jadi gebetan kambing??

Kelewat takut, saya setengah lari. Eh, si nenek masih ngikutin juga. Jalannya dicepetin. Bodo amat ah, saya tetep jalan cepet plus rada lari aja. Akhirnya setelah 15 menitan yang berasa 15 hari yang penuh deg deg byar, saya nyampe stasiun. Dan ternyata si nenek masih ngikutin saya!

Masyaallah. Ada apa to ini? Itu nenek siapa? Ya Allah lindungi hambamu yang ramah dan nggak sombong ini.

Nggak tahan deg degan dan penuh tanda tanya mulu, akhirnya saya berani beraniin deketin si nenek dan tanya.

Kepompong : mbah, nyuwun pangapunten, wonten napa nggih kok kit wau ngetutaken kula?
Sinenekmisterius : anu, nak. Kula niki tiyang sepuh (iye, gue juga tau. Keliatan kali rambut mbah udah pada putih). Kula badhe nyuwun toya, kula ngelak, nak.
Kepompong : guling guling di tengah rel, ketawa ketawa ngakak.
Kepompong : oalah, mbah. Lha mbok nggih ngendika kit wau. Menawi ngaten simbah boten isah ngetutaken kula.

Gila aja. Saya udah ketakutan stengah hidup, mikir macem macem, eh ternyata si nenek cuma mau minta air minum. Masyaallah. Konyol banget.

Kelar urusan sama si nenek, pas banget sama kereta datang. Alhamdulillah saya masih dapat tempat duduk. Kereta rada sepi, mungkin lagi nggak musim liburan + belum waktunya para pencari harta pulang kerja kali ya. . Karena kereta yang sepi dan didukung angin sepoi sepoi yang menerobos jendela, jadilah ngantuk menyergap saya. Pas lagi setengah tidur, tiba tiba duarrrr! ada suara yang memekakakan telinga tepat dari arah depan saya. Kaget dong saya. Langsung melek, ilang kantuk saya.

Saya tengok tengok.

Penumpang masih pada asik sendiri.
Kereta juga masih jalan.

Trus, tadi kenapa dong?

Belum ilang penasaran dan kaget saya, tiba tiba suara yang sama terdengar lagi.

Dan ternyata oh ternyata, itu tadi suara anak kecil di depan saya. Masyaallah, nggak nyangka banget deh. Tadi pas saya tengok tengok dia tuh diem aja, asik sama mainannya, tapi ternyata dialah sumber suara berisik nan memekakan telinga. Lebih tepatnya mulut kecilnya yang ngemut dot itulah penyebab suara berisik macam suara kentut gorilla kebanyakan makan ketela.

Di sini pepatah don’t judge a book by its cover bener bener berlaku. Bungkusnya sih imut, innocent, tapi sekalinya buka mulut bikin penging telinga.

Tapi ternyata nggak cuma pita suara anak itu aja yang menggelegar, dia itu super duper aktif, nggak bisa diem. Mungkin karena udah bosen sama mainannya ( padahal belum ada 15 menit perjalanan ), itu anak bergerak mulu, bener bener nggak bisa diem. Awalnya sih cuma di tempat dia, duduk-berdiri-duduk-berdiri gitu gitu mulu, tapi trus dia jadi makin menggila. Lompat lompat di kursi, lari lari di koridor yang untungnya sepi, dan lama lama dia gelantungan di besi dinding kereta. Ampun dah! Masyaallah nih anak. Nyidam apaan ya dulu emaknya pas hamil??

Saya yang cuma ngeliatin aja jadi capek, tapi kayaknya si anakkecilnanaktif itu nggak ada capeknya. Dan taukah Anda apa yang emaknya lakukan?? Jawabannya adalah, jeng jeng jeng

Tidur.

-_______-

Tidur yang bener bener tidur. Pules macam tidur di kamar president suit di sebuah hotel berbintang tujuh + bintang kejora + bintang Pak Jendral. Anaknya lari lari, lompat lompat, gelantungan sambil sesekali menggetarkan pita suara dengan berisiknya nggak mempan mengusik si emak dari tidurnya. Entah kecapekan ato kenapa, tapi si emak anakkecilnanaktif itu benar benar tidur dengan pulas sampai rada mangap gitu.

Hal menarik di kereta siang itu adalah dua orang wanita yang sangat berbeda yang duduk bersebelahan di arah jam 2 di depan saya. Yang satu pake jilbah selebar seprai + abaya yang super longgar lengkap dengan kaos kaki dan sarung tangan, cuma minus burkak aja, dan yang satunya cuma pake baju cuma secuil, tanpa lengan, hanya menutupi setengah paha. Masyaallah, cuma jarak berapa centi aja beda kontras banget, ini contoh nyata pluralisme. Yang satu cuma keliatan mukanya, yang satu keliatan apa apanya. Dan ternyata, mereka itu kakak adik, sodara kandung.

Heleh, tau dari mana kamu, Pong ?? Karena suatu hal ( si embakjilbabseprai minta tisu ) saya nggak sengaja jadi ngobrol sama mereka berdua. Dan terungkaplah bahwa ternyata mereka berdua itu sodara. Saya cuma bisa geleng geleng kepala angguk angguk tunduk tunduk. Asalnya dari rahim yang sama tapi kok bisa beda banget gitu ya??

Tapi dari solo trip saya kemarin itu saya jadi lebih yakin tentang syair dari Imam Syafii :

Orang pandai dan beradab tidak akan diam di kampung halaman
Tinggalkanlah negerimu dan merantaulah ke negeri orang
Merantaulah, kau akan dapatkan pengganti dari kerabat dan kawan
Berlelah lelahlah, manisnya hidup akan terasa setelah leleh berjuang

Hanya dalam waktu kira kira 3,5 jam saja saya sudah bertemu macam macam orang, mengalami berbagai hal baru, melihat berbagai warna baru, mendengar berbagai suara, merasakan berbagai atmosfer. Apalagi kalo saya benar benar sudah mantap menjadi anak rantau di negeri orang nanti? Betapa banyak hal hal baru yang bisa saya serap untuk memperkaya diri saya. Allah memang Maha Kaya. .

Tidak ada komentar: