Jumat, 04 Februari 2011

Tentang Kerusuhan di Mesir

Tentang kerusuhan di Mesir, kok saya jadi punya pikiran “mungkin nggak sih ini bikinan Amerika sebagai pengalih perhatian atas bocornya kawat file secret service-nya Amerika?”. Bukannya saya anti-Amerika, pengecam Amerika atau apa, bahkan saya bercita cita dapat beasiswa ke sana, tapi karena apa yang telah dipublikasikan tentang Amerika di balik tabir yang ternyata nggak sesuci dan seputih penampilannya selama ini.
Apalagi berdasar resume dari para ahli dan pengamat, inti dari kerusuhan di Mesir ini karena 3 hal, yaitu rakyat yang marah, kepentingan militer, dan kepentingan Amerika yang dibelakangnya ada Israel. Konflik kepentingan yang rumit. Hmmmm....
Kan Amerika pinter pinter tuh, jadi dia pinter nyari celah. Dan mungkin celah paling lebar adalah Mesir di mana ada semacam kediktatoran kepemimpinan di sana dan beberapa konflik kepentingan. Jadi dia diam diam memposisikan diri jadi kompor untuk mengukus rakyat pro-kontra bapak Husni Mubarak dengan waktu singkat macam produk terbaru dari Tupperware yang namanya Steam-It yang menjanjikan bisa bikin pepes mateng dalam 10 menit. Dengan begitu perhatian publik akan condong ke kerusuhan di Mesir, evakuasi warga negaranya, nasib aset perusahaannya di Mesir, dsb di Mesir, bukannya apa aja yang ada di tiap inchi kawat secret service Amerika.

Tidak ada komentar: