Senin, 07 Februari 2011

Workshop Kompas Muda

1 dari 5 Cm saya terwujud! Ketemu Donny Dhirgantoro.

Sabtu kemarin saya ikut workshop Kompas Muda 4th Anniversary di kampus saya. Yang bikin saya pengen datang adalah salah satu pembicaranya, yaitu Donny Dhirgantoro, penulis 5 Cm. Sebenernya niat saya datang ke sana cuma mau minta tanda tangan di buku saya, tapi ternyata workshopnya (atau takshow ya? Entahlah apa nama yang tepat) asik juga buat diikuti. Beberapa hal penting tentang bagaimana menjadi penulis yang bisa menghasilkan tulisan dahsyat yang saya dapat adalah :
1.The keys of a great story : simple, loveable, inspireable.
2.Cari cerita yang original, dari kehidupan sehari-hari aja, trus kasih sedikit polesan buat bikin cerita itu unik.
3.Film animasi dan kartun bisa menjadi contoh hebat tentang mencari inspirasi ide cerita, entah cerita dalam bentuk tulisan maupaun dalam bentuk animasi, film, sinetron, dsb.
Ambil contoh Finding Nemo. Inti cerita dari film itu adalah seorang bapak yang berusaha keras menemukan anaknya yang hilang. Itu udah biasa. Tapi si sutradara kasih polesan di sana sini sehingga ceritanya jadi nggak biasa. Dia bikin settingnya di underwater, tokoh utamanya ikan badut yang siripnya satu gede, satu kecil, jadi kalo berenang miring. Dari pemilihan tokoh utamanya aja udah jadi nggak biasa. Itu yang bikin suatu cerita ada nilai jualnya.
4.Menulis itu bukan tentang membuat sesuatu, tapi tentang menemukan sesuatu.
5.Cerita yang banyak diminati adalah cerita yang berhubungan tentang from zero to hero. Yang inspiratif-motivatif gitu.
6. Sebuah cerita harus mengandung dinamika, bahasa gampangnya bisa memainkan perasaan pembaca gitu. Jadi, dari baca satu cerita aja, pembaca udah bisa merasakan bahagia, sedih, kecewa, tegang, deg-degan, kaget, dan emosi-emosi lain.

Intinya nggak nyesel deh datang ke workshopnya mas Donny. Mas Donny orangnya asik pula, nggak sombong, nggak jaim. Sebelum acara dimulai, saya sempet ngobrol dulu sama mas Donny barengan sama tiga peserta lain. Mas Donny juga nggak pelit dimintai foto.

Di workshop kemarin, mas Donny kasih contoh ide cerita yang original, dari sehari-hari, tapi nggak biasa, yaitu tentang anak kuliah. Anak kuliah kalo naik kendaraan umum kan udah biasa tuh, mas Donny kasih contoh gimana biar ide itu lain dari yang lain, yaitu bikin idenya jadi ‘anak kuliah yang kalo kuliah naik kuda’. Udah jadi beda kan?
Karena saya merasa ide itu sayang kalo dilewatkan begitu saja, maka saya bikin cerita pendek amburadul kacau balau ngalor ngidul dari ide itu. Cerita itu judulnya Taksi Kuda Berargo, GEOMETRI. Saya posting di posting berikutnya.

Tidak ada komentar: